cover
Contact Name
Rini Ratna Nafitasari
Contact Email
riniratna@kahuripan.ac.id
Phone
+6285649243800
Journal Mail Official
jurnal.ekuivalensi@kahuripan.ac.id
Editorial Address
Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Pelem Pare, Kediri
Location
Kab. kediri,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Ekuivalensi
ISSN : 24432903     EISSN : 26153246     DOI : -
The Journal publishes high quality research papers in all fields of finance and in closely related fields of economics. The Journal is interested in both theoretical and applied research with an emphasis on topics in corporate finance, financial markets and institutions, and investments. Research in real estate, insurance, monetary theory and policy, and industrial organization is also welcomed. Papers that deal with the relation between the financial structure of firms and the industrial structure of the product market are especially encouraged.
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol. 7 No. 1 (2021): JURNAL EKUIVALENSI" : 15 Documents clear
Pengaruh Kompensasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pt Indoprof D’penyetz Sejati Dikota Batam Eden Eden; Suhardi Suhardi
JURNAL EKUIVALENSI Vol. 7 No. 1 (2021): JURNAL EKUIVALENSI
Publisher : LPPM dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kahuripan Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51158/ekuivalensi.v7i1.462

Abstract

Di era globalisasi, sumber daya manusia saat ini umumnya memegang posisi yang sangat penting di setiap perusahaan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. dalam kondisi ini perusahaan harus memperhatikan kinerja karyawan agar dapat menang dalam persaingan dalam kondisi seperti ini masalah yang sering terjadi adalah kompensasi tidak adil yang membuat disiplin kerja menurun, sehingga berdampak pada kinerja karyawan. fenomena ini mengharuskan perusahaan untuk menemukan solusi terbaik untuk karyawan mereka. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sampling jenuh di mana semua anggota populasi diambil sampelnya dengan total 110 responden, dan metode pengambilan sampel menggunakan survei kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah analisis regresi linier berganda dengan menerapkan program perangkat lunak SPSS Versi 25. Dari hasil kompensasi dan disiplin kerja t-test memiliki dampak signifikan terhadap kinerja karyawan PT Indoprof D'penyetz Sejati. Hasil pengujian kualitas kompensasi (X1) disiplin kerja (X2) secara bersama-sama mempengaruhi kinerja karyawan (Y) di PT Indoprof D'penyetz Sejati
Implementasi Strategi Pemasaran Di Era Digital Pada Hotel Grand Surya Kediri Misbakhul Mujektahit; Rini Ratna Nafita Sari
JURNAL EKUIVALENSI Vol. 7 No. 1 (2021): JURNAL EKUIVALENSI
Publisher : LPPM dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kahuripan Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51158/ekuivalensi.v7i1.532

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi dan konsep pemasaran di era digital yang dilakukan oleh manajemen Hotel Grand Surya Kediri dalam upaya untuk meningkatkan penjualan. Pemilihan objek penelitian yaitu Hotel Grand Surya Kediri ini karena Hotel Grand Surya merupakan Residential Hotel Bintang 4 di Kota Kediri dan terletak di tengah Kawasan Pusat Bisnis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari observasi dan wawancara dengan informan, sedangkan data sekunder diperoleh dari brosur dan majalah. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan langkah-langkah seperti yang dikemukakan oleh Spradley (1980), yaitu analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponensial, analisis tema. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hotel Grand Surya Kediri menerapkan strategi pemasaran digital yang sangat membantu hotel dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Strategi pemasaran digital tersebut antara lain, channel manager, hotel website, instagram, dan whatsapp bisnis. Strategi pemasaran digital ini sangat mempengaruhi tingkat penjualan karena pihak konsumen lebih menyukai melakukan pemesanan kamar melalu media online. Berdasarkan temuan penelitian, maka peneliti mengemukakan beberapa saran sebagai bahan masukan untuk manjeman Hotel Grand Surya Kediri kedepanya, yaitu sistem resesrvasi website hotel harus lebih di permudah dalam lagi dalam formulir data dan juga pilihan pembayaran agar tidak kalah saing dengan media reservasi online travel agent. Selain itu, sebaiknya hotel memperbanyak kerjasama dengan online travel agent. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Era Digital,
Analisis Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Mobil Bekas Pada PT. Ong Citra Nusa Weliam Tan; Suhardi Suhardi
JURNAL EKUIVALENSI Vol. 7 No. 1 (2021): JURNAL EKUIVALENSI
Publisher : LPPM dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kahuripan Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51158/ekuivalensi.v7i1.481

Abstract

Kemajuan kegiatan penjualan mobil telah meningkatkan tingkat persaingan bisnis yang ketat. Begitu juga untuk ruang pamer mobil yang menjual barang serupa. Dengan menunjukkan produk serupa yang dijual oleh dealer atau bisnis showroom membeli dan menjual mobil yang berbeda, sangat membutuhkan konsumen yang beragam untuk membuat konsumen bebas menentukan produk yang dapat memenuhi kebutuhan mereka. Dalam upaya menentukan langkah maju agar sesuai dengan tujuan perusahaan, yaitu untuk memperoleh laba semaksimal mungkin dengan potensi dan kemampuan maksimum, salah satu cara yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut adalah pemasaran. Pemasaran adalah salah satu bidang yang harus dipertimbangkan untuk kepentingan perusahaan di samping kegiatan lapangan lainnya seperti produksi, personel dan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari dan menganalisis harga, promosi dan kualitas produk pada keputusan pembelian di PT Ong Citra Nusa. Sampel diambil dengan teknik non-probability sampling dengan metode accidental sampling, dan teknik pengumpulan data menggunakan metode survei melalui kuesioner. Jumlah nilai sampel yang diambil menggunakan rumus Slovin adalah 101 responden. Metode pemrosesan data menggunakan metode regresi linier berganda dengan SPSS (Statistik Produk dan Solusi Layanan) versi 21. Berdasarkan hasil pengujian, dapat dikaitkan dengan harga yang secara positif dan signifikan terkait dengan Keputusan Pembelian, promosi secara positif dan signifikan terkait dengan Pembelian. Keputusan, Kualitas Produk yang secara positif dan signifikan ditingkatkan dengan Keputusan Pembelian, dan harga simultan, promosi dan kualitas produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Kata kunci: Harga, Promosi, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian
ANALISIS KEPUTUSAN PESERTA DIDIK MEMILIH PENDIDIKAN VOKASI DI LP3I NGAWI Siswanto Siswanto; Supawi Pawenang; Ida Aryati Dyah Purnomo Wulan
JURNAL EKUIVALENSI Vol. 7 No. 1 (2021): JURNAL EKUIVALENSI
Publisher : LPPM dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kahuripan Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51158/ekuivalensi.v7i1.434

Abstract

Persaingan untuk mendapatkan pekerjaan di era modern ini semakin terbuka yang membuat pribadi dengan skill yang tidak cukup untuk bekerja akan menjadi pengangguran. Pendidikan vokasi disusun untuk mempersiapkan peserta didik dengan skill yang diperlukan untuk memenuhi tuntutan dunia kerja.Untuk menarik minat calon peserta didik, bagian pemasaran mempunyai beberapa modal seperti program keahlian (X1) yang dibutuhkan oleh industri, prospek lulusan (X2), accessibility (X3) untuk menuju lokasi, harga dan cara pembayaran (X4), dan fasilitas (X5) yang mendukung penyelenggaraan pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel – variabel tersebut pada keputusan peserta didik dalam memilih LP3I Ngawi (Y) Desain penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subyek dari penelitian ini adalah peserta didik LP3I Ngawi yang berjumlah 138. Instrumen pengambilan data yang digunakan adalah wawancara dan questionnaire. Dan dianalisa secara regresi.Hasil penelitian menunjukan bahwa prospek lulusan berpengaruh paling signifikan pada keputusan peserta didik memilih LP3I Ngawi (Y). Diikuti oleh program keahlian yang mempunyai signifikansi berpengaruh kedua. Kemudian diikuti harga atau biaya pendidikan, fsilitas dan accessibility mempunyai pengaruh yang tidak begitu signifikan akan tetapi tetap menjadi perhatian peserta didik.
ANALISIS PENGARUH STORE LAYOUT DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN BELI KONSUMEN Titin Trimintarsih; Agung Triharso
JURNAL EKUIVALENSI Vol. 7 No. 1 (2021): JURNAL EKUIVALENSI
Publisher : LPPM dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kahuripan Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51158/ekuivalensi.v7i1.496

Abstract

Dalam era globalisasi saat ini perkembangan bisnis sangat meningkat drastis. Berbagai jenis usaha nyatanya cukup menjanjikan untuk dilakukan. Hal ini mengakibatkan persaingan yang semakin ketat sehingga perusahaan dituntut harus memiliki strategi untuk dapat bersaing. Salah satu yang harus diperhatikan adalah store layout atau penataan toko dan kualitas pelayanan guna mempengaruhi keputusan beli konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh analisis store layout dan kualitas pelayanan terhadap keputusan beli. Dalam penelitian ini sampel yang digunakan adalah konsumen Kios Wahidiyah sebanyak 125 responden. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis regresi linier berganda yang dibantu oleh perhitungan statistic IBM (SPSS 24). Berdasarkan perhitungan data, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan terdapat pengaruh dan signifikan pada dimensi store layout (alokasi ruang lantai, penentuan pola berjalan, penentuan kebutuhan ruang, pemetaan dalam toko, penataan produk)terhadap keputusan beli. Dan memiliki pengaruh positif dan signifikan pada dimensi kualitas pelayanan (tangibles, reability, responsiveness, assurance, emphaty) terhadap keputusan beli. Kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang paling dominan terhadap keputusan beli sebesar 11,1 %. Kata Kunci : Store Layout, Kualitas Pelayanan, Keputusan Beli Konsumen, Statistic (SPSS).
Upaya Membangun Kepuasan Pelanggan Dengan Layanan, Lokasi Dan Fasilitas Ahmad Fadli; Debora Tambunan; Roni Juliansyah; Wasiman Wasiman; Zakia Fadila
JURNAL EKUIVALENSI Vol. 7 No. 1 (2021): JURNAL EKUIVALENSI
Publisher : LPPM dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kahuripan Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51158/ekuivalensi.v7i1.482

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh layanan, lokasi dan fasilitas terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Rekso National Food. Metode dalam penelitian ini yaitu kuantitatif. Populasi dalam penelitian yaitu karyawan PT. Rekso National Food yang berjumlah 87 responden sedangkan teknik penentuan dengan accidental sampling. Adapun sumber data dalam penelitian ini dari data primer dan data sekunder. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil uji (t) atau uji parsial menunjukkan bahwa layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan variabel lokasi juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan serta variabel fasilitas juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kemudian secara simultan layanan, lokasi dan fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Rekso National Food. Keywords: Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh layanan, lokasi dan fasilitas terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Rekso National Food. Metode dalam penelitian ini yaitu kuantitatif. Populasi dalam penelitian yaitu karyawan PT. Rekso National Food yang berjumlah 87 responden sedangkan teknik penentuan dengan accidental sampling. Adapun sumber data dalam penelitian ini dari data primer dan data sekunder. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil uji (t) atau uji parsial menunjukkan bahwa layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan variabel lokasi juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan serta variabel fasilitas juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kemudian secara simultan layanan, lokasi dan fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Rekso National Food. Keywords: Layanan, Lokasi, Fasilitas, Kepuasan Lokasi, Fasilitas, Kepuasan
Pengaruh Kepuasan Siswa terhadap Harga dan Produk Kantin SMA Negeri 3 Kediri Yesy Kusumawati
JURNAL EKUIVALENSI Vol. 7 No. 1 (2021): JURNAL EKUIVALENSI
Publisher : LPPM dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kahuripan Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51158/ekuivalensi.v7i1.494

Abstract

Kesuksesan pengelolaan kantin sekolah dapat diukur dengan melihat kepuasan pengguna layanan kantin sekolah. Selain guru dan karyawan, kantin sekolah adalah tempat favorit siswa untuk tempat berkumpul di pada waktu istirahat di luar jam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan siswa terhapat harga dan produk kantin sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pelaksanaan penelitian di SMAN 3 Kota Kediri dengan sampel sebanyak 100 orang responden yang diambil secara acak. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan kuisioner dengan alat analisis SPSS 20. Untuk menguji keabsahan dan kehandalan kuisioner menggunakan uji validitas dan realibilitas. Sedangkan pengujian variabel menggunakan uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji heterokedastisitas. Analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dimana diperoleh persamaan regresi Y = –1,051 + 0,211X1 + 0,426X2. Dari penelitian ini ditemukan (1). secara simultan variabel harga (X1) dan variabel produk (X2) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel kepuasan siswa (Y) SMA Negeri 3 Kediri. (2) secara parsial variabel harga (X1) variabel produk (X2) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan siswa SMA Negeri 3 Kediri.(3) variabel yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan siswa di kantin SMA Negeri 3 Kediri adalah variabel produk Kata Kunci : Harga, Produk, Kepuasan siswa, Kantin sekolah
Permodelan Pertumbuhan Ekonomi Di Jawa Timur Melalui Fenomena Flypaper Effect linawati linawati; Amin Tohari
JURNAL EKUIVALENSI Vol. 7 No. 1 (2021): JURNAL EKUIVALENSI
Publisher : LPPM dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kahuripan Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51158/ekuivalensi.v7i1.460

Abstract

Pemerintah daerah dituntut untuk melakukan perencanaan penerimaan dan pengeluaran daerah yang efektif dan efisien untuk pembangunan ekonomi. Penelitian bertujuan menganalisis hubungan PAD, DAU, DAK terhadap pertumbuhan ekonomi, dengan mediasi belanja daerah, dan menganalisis fenomena Flypaper effect pada Pemerintah Kota dan Kabupaten di Jawa Timur. Analisis data menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian mendapatkan bukti semua variabel independen berpengaruh signifikan terhadap belanja daerah. Belanja daerah memediasi hubungan PAD, DAU dan DAK pada pertumbuhan ekonomi. Fenomena flypaper Effect tidak terjadi pada kota dan kabupaten di Jawa Timur. Hal ini mengungkapkan bahwa pemerintah daerah Kota dan Kabupaten di Jawa timur tidak mengandalkan dana transfer dari pemerintah pusat berupa DAU dan DAK sebagai sumber pembiayaan untuk belanja daerahnya. Pemerintah daerah Kota dan Kabupaten di Jawa Timur ingin mewujudkan otonomi daerah yang kuat, dengan tingkat kemandirian daerah yang tinggi.
Pengaruh Motivasi Dan Sikap Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Vario 150cc (Studi Pada Pengguna Honda Vario 150cc) Dahlia Dahlia; Intisari Haryanti
JURNAL EKUIVALENSI Vol. 7 No. 1 (2021): JURNAL EKUIVALENSI
Publisher : LPPM dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kahuripan Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51158/ekuivalensi.v7i1.469

Abstract

This study aims to determine and analyze the influence of motivation and attitudes on purchasing decisions for Honda Vario 150cc motorbikes (a study on Honda Vario 150cc users). This type of research is associative. The population used in the study were all users of Honda Vario 150cc motorbikes in Bima City whose numbers were unknown. The sample in this study were 96 respondents using the unknown population formula, the sampling technique used was purposive sampling. The data collection techniques used were observation, questionnaires and literature study. The data analysis technique used is validity test, reliability test, classical assumption test, multiple linear regression analysis, multiple correlation, determination test, t test and f test. Based on the results of the statistical analysis of the variable t test, it shows that motivation and attitudes have an effect on purchasing decisions for Honda Vario 150cc motorbikes (a study on Honda Vario 150cc users. Meanwhile, based on the results of the f test, it is known that motivation and attitudes have an effect on purchasing decisions for Honda Vario 150cc motorbikes. studies on Honda Vario 150cc users).
Ekualisasi Objek PPh Pasal 23 Guna Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak pada BPR di Kabupaten Kediri Ahmad Yani; Widiana Nandanani
JURNAL EKUIVALENSI Vol. 7 No. 1 (2021): JURNAL EKUIVALENSI
Publisher : LPPM dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kahuripan Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51158/ekuivalensi.v7i1.483

Abstract

Pemungutan pajak di Indonesia dengan menggunakan metode self assessment tidak menutup kemungkinan terjadi kesalahan atau perbedaan dalam pelaporan SPT. Kesalahan atau perbedaan ini, salah satunya disebabkan karena ketidakcocokan antara jumlah pajak yang dilaporkan dengan laporan keuangan. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan ekualisasi atau tingkat keseimbangan objek PPh Pasal 23 dengan laporan keuangan guna meningkatkan kepatuhan wajib pajak. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknis analisis kuantitatif dengan metode analisis tingkat keseimbangan antara pajak yang dilapor dengan laporan keuangan. Hasil dari penelitian ini adalah untuk mencapai titik keseimbangan antara SPT Masa PPh Pasal 23 dengan laporan keuangan, hal ini menunjukkan ada selisih belum dilaporkannya pajak pada SPT Masa PPh Pasal 23 yaitu pada tahun 2018 jumlah penghasilan bruto sebesar Rp 84.532.211 dan PPh Pasal 23 sebesar Rp 1.690.648, dan selisih pada tahun 2019 jumlah penghasilan bruto sebesar Rp 180.003.882 dan PPh Pasal 23 sebesar Rp 3.600.076. Selisih ini perlu dilakukan pembetulan SPT Masa PPh Pasal 23 dan juga membayar denda administrasi dan denda bunga.

Page 1 of 2 | Total Record : 15